Cari Topik Lain

Senin, Januari 05, 2009

Software Pendukung J2ME

Untuk mempelajari sekaligus membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman Java (J2ME) diperlukan beberapa software atau perangkat lunak pendukung. Dalam penulisan ini, digunakan beberapa software, antara lain:

Java 2 SDK (Software Development Kit)
Merupakan sebuah paket software development dari Sun Microsystems yang mengimplementasikan dasar-dasar penulisan, pengujian, dan debug aplikasi-aplikasi Java dan Applet. Untuk mendapatkannya, bisa di-download melalui situs ini. Dalam penulisan ini digunakan Java SE Development Kit (JDK) 6 Update 7 (nama file: jdk-6u7-windows-i586-p.exe).

J2ME WTK (Wireless ToolKit)
Merupakan software yang menyediakan lingkungan emulator, dokumentasi beserta contoh-contoh aplikasi Java untuk perangkat kecil (small device). J2ME WTK berbasiskan pada CLDC dan MIDP. Untuk mendapatkannya, bisa di-download melalui situs ini. Dalam penulisan ini digunakan Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2 for CLDC (nama file: sun_java_wireless_toolkit-2_5_2-windows.exe).

Text Editor
Text Editor digunakan untuk membuat kode-kode (coding) dalam bahasa pemrograman (dalam hal ini J2ME). Ada banyak text editor yang bisa digunakan, antara lain: Notepad, Wordpad, Crimson Editor, JCreator, dan banyak lagi text editor yang bisa digunakan. Kode-kode pemrograman yang telah dibuat selanjutnya disimpan dengan ekstensi .java (misal namaFile.java).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar