Cari Topik Lain

Senin, Januari 05, 2009

MIDlet

MIDlet merupakan aplikasi yang ditulis untuk MIDP. MIDP atau Mobile Information Device Profile adalah spesifikasi untuk sebuah profil J2ME. MIDP memiliki lapisan (layer) di atas CLDC, API tambahan untuk daur hidup (life cycle) aplikasi, interface, jaringan, dan penyimpanan persisten.

Aplikasi MIDlet adalah bagian dari kelas javax.microedition.midlet.MIDlet yang didefinisikan pada MIDP. MIDlet berupa sebuah kelas abstrak yang merupakan subkelas dari bentuk dasar aplikasi sehingga interface (antarmuka) antara aplikasi J2ME dan aplikasi manajemen pada perangkat dapat terbentuk.

Life Cycle MIDlet
MIDlet terdiri dari beberapa metode yang harus disertakan, yaitu constructor(), startApp(), pauseApp(), destroyApp(boolean unconditional)

  • Default constructor. Digunakan untuk melakukan inisialisasi dasar, seperti variabel-variabel instance pengaturan. Belum mendapatkan resources apapun, karena MIDlet masih dalam state istirahat.

  • Method startApp(). Digunakan untuk mendapatkan resource yang dibutuhkan untuk MIDlet kemudian MIDlet ditempatkan dalam status aktif sedemikian hingga dimungkinkan pengumpulan (akuisisi / acquisition) resource.

  • Method pauseApp(). Digunakan untuk melepas setiap resources yang diperlukan oleh MIDlet. Jika MIDlet menciptakan (sebuah) objek, simpan state dari objek ke tempat penyimpan tetap dan pasang (set) referensi objek ke null. Jika MIDlet telah memulai threads, tahan atau hentikan thread-thread ini.

  • Method destroyApp(). Digunakan untuk menyimpan state dari MIDlet dan untuk melepas setiap resource yang diperlukan oleh MIDlet. Simpan objek ke tempat penyimpan tetap, dan pasang (set) referensi-referensi objek ke null. Hentikan setiap thread yang diciptakan oleh MIDlet.




Penjelasan:
  • Ketika MIDlet dijalankan, maka akan diinisialisasikan dengan kondisi pause dan dijalankan fungsi pauseApp().

  • Selanjutnya, ketika midlet dijalankan, midlet akan berada pada kondisi active, dalam hal ini fungsi standar yang dipanggil adalah startApp().

  • Pada saat user keluar dari MIDlet, maka fungsi destroyApp() akan dijalankan dan memberitahu platform untuk menutup MIDlet dan membersihkan semua resource yang mengacu pada MIDlet.

Struktur Direktori MIDlet
Dalam implementasinya, MIDlet memiliki struktur direktori sebagai berikut:
  • src
    menyimpan source code untuk MIDlet dan kelas lain yang diperlukan.

  • res
    menyimpan resource lain yang dibutuhkan oleh MIDlet, seperti misalnya gambar, icon, dsb.

  • lib
    menyimpan file .jar atau .zip yang berisi library tambahan yang dibutuhkan MIDlet.

  • bin
    menyimpan file .jar, .jad, dan file manifest yang berisi muatan komponen MIDlet setelah di-package.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar