Cari Topik Lain

Senin, Januari 05, 2009

Membuat Aplikasi J2ME

Setelah melakukan proses instalasi software pendukung seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan Java 2 WTK (Wireless Toolkit 2.5.2).

Java WTK
Untuk membuat project aplikasi J2ME klik tombol New Project, maka akan tampil jendela New Project

New Project
kemudian isikan Project Name dan MIDlet Class Name. Misal untuk percobaan kali ini, isi keduanya dengan "HelloWorld". Klik Create Project.

CATATAN: Untuk penamaan kelas MIDlet (MIDlet Class Name) HARUS diisi dengan nama yang SAMA dengan nama file (.java) yang merupakan turunan dari MIDlet (extends MIDlet). Misal file turunan MIDlet dinamai dengan namaFile.java, maka nama kelas MIDlet diisi dengan namaFile (besar/kecilnya huruf sangat berpengaruh / Case-Sensitive).

Selanjutnya akan tampil jendela Setting for Project.

Setting

Pada tahapan ini bisa dilakukan perubahan terhadap setting project yang dibuat atau langsung saja klik OK untuk menggunakan default setting yang telah ada. Setelah proses pembuatan project selesai, project tersebut disimpan pada direktori
C:\Documents and Settings\[username]\j2mewtk\[versi]\apps\[nama project] (untuk Windows XP)
dan
C:\Users\[username]\j2mewtk\[versi]\apps\[nama project] (untuk Windows Vista),
seperti nampak pada gambar berikut

Hasil pembuatan project

Dalam direktori [nama project] akan terdapat direktori-direktori sebagai berikut:

  • Direktori bin
    berisi file MANIFEST.MF, namaFile.JAD, namaFile.JAR.

  • Direktori lib
    digunakan untuk meletakkan file-file library (biasanya berupa file .JAR).

  • Direktori res
    digunakan untuk meletakkan file-file resource (pendukung) seperti file gambar maupun suara.

  • Direktori src
    digunakan untuk meletakkan file-file source code (kode-kode program), misal namaFile.java.

  • File project.properties
    merupakan file yang berisi setting (pengaturan) pada MIDlet.

Setelah pembuatan project selesai, langkah selanjutnya adalah membuat MIDlet dengan mengetikkan kode-kode program dengan menggunakan text editor yang ada, seperti Notepad, Crimson Editor, JCreator dll. Untuk project kali ini, ketikan kode-kode berikut:

import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.midlet.*;

public class HelloWorld extends MIDlet implements CommandListener {
private Display display; //deklarasi variabel display
private Command cmdExit; //deklarasi variabel cmdExit

public HelloWorld(){
display = Display.getDisplay(this);
cmdExit = new Command("Exit",Command.SELECT,1); //membuat CommandButton "cmdExit"
}

public void startApp(){
TextBox teks = new TextBox("Contoh", "Hello World!", 50, 0); //membuat TextBox "teks"
teks.addCommand(cmdExit); //menambahkan cmdExit pada teks
teks.setCommandListener(this);
display.setCurrent(teks);
}

public void commandAction(Command c, Displayable d){
if (c == cmdExit){
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
}

public void pauseApp(){}
public void destroyApp(boolean unconditional){}
}


Simpan (Save) file tersebut dengan nama HelloWorld.java pada direktori src (di dalam direktori [nama project] seperti yang telah dijelaskan sebelumnya).

Langkah selanjutnya yaitu Build project. Pada Java WTK, klik Build sehingga tampil seperti berikut:

Hasil Build

Jalankan aplikasi dengan klik tombol Run. Berikut hasil yang ditampilkan emulator:

Run

Untuk menjalankan MIDlet yang telah dibuat, klik tombol Launch (dibawah tulisan "Launch") pada Emulator, sehingga tampil seperti berikut:

Launch Application

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar